Senin, 11 Juli 2016

Belajar Gitar Dari NOL!

guitar


Pengen banget bisa jago main gitar? Bingung mau mulai dari mana?

Di sini panduangitaris akan memberikan tips untuk kalian yang mau memulai belajar gitar.

Alat musik ini banyak diminati oleh kalangan remaja, namun tidak sedikit orang dewasa yang mulai belajar memainkan alat musik ini. Salah satu alasan mengapa gitar banyak disukai yaitu mudah dibawa kemana-mana dan membuat orang yang memainkannya terlihat lebih keren.

Untuk bisa jago main gitar, ternyata tidak sesulit yang kalian bayangkan kok. Kalian tidak harus mengikuti kursus/les gitar, asalkan kalian konsisten, dan mempunyai niat tinggi dalam belajar, pasti akan cepat untuk menguasai alat musik ini.

Oke, berikut tips yang akan saya berikan.
  • Langkah Pertama, Menentukan Tujuan

Menentukan tujuan akan membuat kalian percaya diri dalam melakukan sesuatu. Sebelum memulai belajar gitar, alangkah baiknya tentukan dulu target kalian dalam belajar gitar, apakah itu hanya sekedar bisa mengiringi orang nyanyi, bikin cover lagu favorit atau ingin ke tahap yang lebih jauh yaitu menciptakan lagu dan menjadi musisi jagoan.

Dengan menentukan target, proses belajar kalian akan lebih terarah, fokus, dan mendorong kalian agar lebih terpacu dalam belajar gitar.
  • Menyetem gitar (tuning)

Gitar kalian masih belum siap dipakai apabila nada yang dihasilkan masih fals. Maka dari itu, senar harus distem agar menghasilkan suara yang lebih merdu. Kalian dapat menyetem gitar dengan menggunakan alat tuner yang dijepit di bagian kepala gitar. Namun, saya menyarankan untuk mencoba belajar menyetem gitar tanpa menggunakan tuner agar melatih kepekaan telinga kalian terhadap nada.

Cara menyetem gitar cukup mudah, ketahui dulu urutan nada dari senar 1 (bawah) sampai senar 6 (atas), urutannya yaitu E, B, G, D, A, E, setelah itu petik masing-masing senar, apabila nada yang dihasilkan belum tepat, kalian dapat mengencangkan atau mengendurkan senar sampai menghasilkan nada yang benar dan tidak fals. 
  • Belajar chord dasar
Kunci atau Chord merupakan elemen terpenting dalam musik, terutama gitar. Chord adalah harmonisasi nada-nada yang membentuk suatu rangkaian, yang fungsinya untuk mengiringi suatu melodi atau nyanyian. Berikut adalah beberapa chord dasar yang wajib kalian pelajari:



Kalau masih bingung, kalian bisa melihat gambar dari chord-chord di atas di sini

  • Belajar Lagu Untuk Latihan

Setelah lancar memainkan chord-chord diatas, saatnya kalian mulai belajar lagu. Saya sarankan untuk belajar lagu yang menggunakan chord dasar dulu agar tidak terlalu sulit. Kalian bisa mencari chord lagu yang akan kalian pelajari di google. Tetapi di sini saya akan memberikan beberapa lagu yang cocok dipelajari pemula

  • Tunjukkan Permainan Kalian Kepada Orang Lain

Setelah menguasai satu lagu, coba mainkan lagu tersebut ke orang lain, entah itu keluarga, teman, atau pacar. Ini penting untuk melatih kepercayaan diri kalian. Mintalah tanggapan dari mereka, kritik dan saran yang membangun akan sangat berguna bagi perkembangan permainan gitar kalian.

Apabila menurut mereka permainan kalian sudah bagus, coba belajar lagu yang lain yang sedikit lebih menantang. Jika sebaliknya, coba berlatih lagi agar permainan kalian menjadi lebih baik.
  • Last but not least, Luangkan Waktu Untuk Belajar

Yang terpenting, latihan teratur tiap hari.

Mengapa saya menebalkan kalimat tersebut?

Karena percuma saja apabila kalian berlatih berjam-jam dalam satu hari, tetapi di hari-hari berikutnya tidak latihan. Sebaiknya, sediakan waktu minimal 15-30 menit perhari untuk belajar agar permainan gitar kalian lebih cepat berkembang. Ini bertujuan untuk melatih otot-otot di jari tangan kalian agar lebih terbiasa dan lebih terbentuk.

Oke guys. Sekian tips untuk kalian yang baru atau ingin belajar gitar.
Semoga bermanfaat ya. Keep practicing and good luck!

0 komentar:

Posting Komentar